ARTIKEL PENGELOMPOKAN TEKNOLOGI INFORMASI
PENGELOMPOKAN TEKNOLOGI INFORMASI
1. Teknologi masukan (input technology)
Teknologi masukkan adalah teknologi yang berhubungan
dengan peralatan untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer. Piranti
masukan yang lazim dijumpai dalam sistem komputer berupa keyboard dan mouse.
Perangkat masukan atau input device merupakan
perangkat yang memberikan sinyal masukan kepada sistem komputer. Masukan
tersebut berupa sinyal input dari maintainance input. Sinyal
input adalah segala sinyal yang akan diolah oleh sistem komputer sedangkan
sinyal maintainance adalah sinyal yang digunakan untuk mrngolah sinyal input.
Perangkat masukan dibagi menjadi dua yaitu peralatan masukan langsung dan
peralatan masukan tidak langsung.
a. Perangkat Masukan Langsung
Dalam peralatan masukan langsung, input langsung
diproses CPU tanpa disimpan oleh penyimpan media luar. Berikut ini adalah
contoh beberapa peralatan masukan langsung.
a)
Mouse, Mouse berfungi untuk mengatur posisi pada layar
komputer.
b)
Keybord, Keybord merupakan peralatan masukan langsung terdiri
dari tombol-tombol huruf dan tombol-tombol fungsi. Bentuk keybord ada yang
standard an extended. Perbedaannya keybord stanfar mempunayi 88 tombo,
sedangkan extended lebih banyak.
c)
Joystick, Joystick merupakan peralatan input tambahan untuk
mempermudah penguna komputer dalam permainan yang ada di komputer.
d)
Scaner, Scanner adalah peralatan untuk membaca input baik data
maupun gambar untuk di scan.
e)
Microphone, Microphone merupakan alat elektronika yang berguna
untuk mengubah suara menjadi listrik.
f)
CD-ROM (Compact Disk
Read Only Memory) Drive, CD-ROM
drive berfungsi untuk membaca data input dari kepingan CD. Kemampuan transfer
data CD-ROM adalah n x 150 MB/s, dengan n adalah kecepatanyang
di tuliskan pada bodinya.
b. Perangkat Masukan Tak
Langsung
Pada perangkat masukan tak langsung, data yang tidak
langsung diproses melainkan direkam dahulu ke media penyimpan luar
seperti pita magnetic. Contohnya key-to-tape.key-to-card, dan
key-to-disk.
2. Teknologi keluaran (Output Technology)
Teknologi Keluaran adalah teknologi yang berhubungan
dengan segala piranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil
pengolahan sistem. Layar dan monitor dan printer merupakan piranti yang biasa
digunakan sebagai piranti keluaran.[[3]]
Atau Perangkat keluaran merupakan perangkat komputer
untuk menampilkan dan mengeluarkan hasil kerja komputer. Contoh-contoh
perangkat keluaran sebagai berikut.
a. Monitor/Display
Monitor berfungsi untuk menampilkan hasil kerja
pemrosesan komputer secara visal baik berupa gambar maupun data. Contohnya
monitor dan LCD.
b. Printer
Printer merupakan peralatan keluaran untuk menamoilkan
hasil komputer dalam bentuk tulisan maupun gambar.
c. Speaker
Speaker merupakan perangkat keluaran yang menampilkan
sinyal suara, dimana sinyal tersebut sebelumnya telah diolah dalam sound card
(kartu suara).
3. Teknologi
Mesin Pemroses
Teknologi Mesin Pemroses lebih dikenal dengan sebutan
CPU (Central Processing Unit), mikroprosesor, dan prosesor. Contoh
prosesor yang terkenal saat ini adalah pentium dan power
Perangkat pemrosesan merupakan pusat pengelolaan dan
pengontrolan segala pemrosesan data. Perangkat pemrosesan terdiri dari
a. Control Unit
Control Unit bertugas untuk menerjemahkan perintah
atau intruksi secara berurutan yang kemudian diteruskan ke seluruh kerja
computer.
b. Arithmetic Logic Unit (ALU)
Arithmatic Logic Unit (ALU) berfungsi untuk memproses
data melalui perhitungan penambahan dan pegurangan, perbandingan-perbandingan
serta logika.
4. Teknologi Penyimpanan.
Teknologi Penyimpanan dibedakan menjadi dua
kelompok, yaitu memori internal dan penyimpanan eksternala.
a. Memori internal
(biasa juga disebut main memory atau memori utama) berfungsi sebagai pengikat
sementara baik bagi data, program, maupun informasi ketika proses pengolahannya
dilaksanakan oleh CPU. Dua contoh memori internal yaitu ROM dan RAM. ROM (Read
Only Memory) adalah memori yang hanya bisa dibaca, sedangkan RAM (Read Access
Memory) adalah memori yang isinya bisa diperbaharui
b. Penyimpanan Eksternal
dikenal juga dengan sebutan penyimpanan sekunder. Penyimpanan external adalah
segala piranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Pengertian
permanen disini berarti bahwa data yang terdapat pada penyimpanan akan tetap
terpelihara dengan baik sekalipun komputer sudah dalam keadaan mati (tidak
mendapat aliran listrik). Harddisk dan disket juga flashdisk adalah contoh
penyimpanan eksternal.
5. Teknologi Perangkat Lunak (Software)
Teknologi perangkat lunak/software atau dikenal juga
dengan sebutan program. Tentu saja untuk mengerjakan tugas komputer, diperlukan
perangkat lunak sendiri. Sebagai contoh Microsoft Word merupakancontoh perangkat
lunak pengolah kata yang berguna untuk membuat dokumen, sedangkan Adobe
Photoshop adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengolah gambar.
Perangkat Lunak merupakan kumpulan dari
intruksi-intruksi yang akan mengatur kerja komputer. Perangkat lunak terdiri
dari
a. Sistem operasi
Perangkat lunak sistem operasi bias dikatakan sebagai
perangkat lunak yang sangat vital, system operasi merupakan perangkat lunak
yang mengendalikan seluruh kerja dari perangkat-perangkat komputer. Sistem
operasi yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah sistem operasi buatan
Microsoft Corp seperti Windows 95, windows 98SE, Windows 2000 professional,
Windows XP, dan Windows 7. Masih ada sistem operasi lainnya seperti Machintosh
system 7, Lindows, dan Linux.
b. Sistem Aplikasi
Sistem Aplikasi merupakan perangkat lunak penunjang
untuk tujuan tertentu. Sistem aplikasi berupa Microsoft Office,Word
perfect Corel draw, adobe photoshop,dll.
c. Utility
Perangkat lunak Utility adalah perangkat lunak yang dipakai
untuk menunjang kinerja komputer dan perawatan perangkat keras
Komentar
Posting Komentar